PUTR Sigi Genjot Infrastruktur Jalan untuk Konektivitas antara Wilayah

PUTR Sigi Genjot Infrastruktur Jalan untuk Konektivitas antara Wilayah 

Sigi, Warta Bhayangkara - PUTR Sigi Genjot Infrastruktur Jalan untuk Konektivitas antara Wilayah. 

Pemerintah Kabupaten Sigi provinsi Sulawesi Tengah, tahun 2023 kembali melaksanakan serangkaian pembangunan infrastruktur vital masyarakat khususnya jalan untuk mempermudah warganya dalam beraktivitas.

Apresiasi itu mengemuka, tak kala beberapa ruas jalan sebagai akses vital diperhatikan, bahkan saat ini telah tertangani dengan baik, melalui dinas PU Perumahan tahun anggaran 2023.

Dari sekian banyak ruas jalan yang dikerjakan PU Perumahan Sigi tahun ini, 2 ruas penting yakni proyek Peningkatan ruas jalan desa strategis Poros SP3 Bulupontu yang dikerjakan oleh CV. Mulia Raya asal Kota Tolitoli.

Perusahaan ini cukup familiar di Sulawesi Tengah karena matang dengan pengalaman mengelola proyek strategis bernilai miliaran rupiah.

Diketahui merupakan milik pengusaha asal Kota Cengkeh Joni Pongky, telah merampungkan pelaksanaan proyek jalan desa strategis di Kabupaten Sigi tahun ini tahun 2023.

Berdasarkan pantauan di lokasi pekerjaan, proyek yang terkontrak sejak 17 Mei tahun 2023, senilai Rp. 4,9 miliar, tampak telah berubah dengan aspal yang mulus yang memberikan kemudahan dalam distribusi hasil pertanian masyarakat Sigi.

Ruas jalan ini sebelum ditingkatkan, masih berupa jalan biasa dengan tonjolan krikil yang tajam dan bongkahan batu, namun dengan hasil kerja yang baik, ruas jalan ini berubah menjadi jalan beraspal mulus yang nyaman dilalui kendaraan.

Dengan demikian ruas jalan terintegrasi dengan jalan provinsi, sehingga memudahkan masyarakat dalam kegiatannya.

Jafar, salah satu warga memberi atensi positif kepada pihak perusahaan dan pemerintah daerah.

Menurutnya, ruas jalan ini akan memberikan dampak positif tumbuhnya ekonomi baru pasca bencana dan pandemi beberapa tahun silam. Pemerintah kata dia telah memberikan perhatian serius dalam membangun Sigi secara perlahan setelah ditimpa berbagai bencana

" Terima kasih pak Bupati, terima kasih PU Sigi dan pihak-pihak lainya,." urai Jafar singkat.

Jalan Lompio-Lompio Mulus Ekonomi Tumbuh Subur 

Penanganan long segmen peningkatan jalan KSP Lompio-Lompio yang dilaksanakan CV. Virgo Putra Mandiri melalui dana DAK 2023 akan rampung sesuai jadwal kontrak pelaksanaan.

Hal ini diungkapkan langsung Kepala dinas PUTR Kabupaten Sigi Edy Dwi Saputro, melalui kepala Bidang Bina Marga Triono., ST, penanganan ruas jalan KSP Lompio-Lompio sudah terlaksana dan sebentar lagi akan rampung.

Penanganan long segmen tersebut dilakukan berdasarkan tingkat kerusakan berdasarkan rencana awal kegiatan proyek demi maksimalnya layanan infrastruktur dalam kegiatan ekonomi masyarakat, terang Triono

Hasil penelusuran, 30/9/2023, kegiatan proyek berbiaya DAK 2023 sebesar Rp. 1,9 itu, sudah terlaksana dengan penampakan aspal jalan yang mulus tanpa lubang dengan sisi kanan dan kiri terlihat penggunaan agregat timbunan pilihan yang mendukung ketahanan struktur lapisan aspal yang memenuhi umur rencana jalan.

Berdasarkan hasil pantauan, ruas jalan tersebut memiliki karakteristik lalu lintas yang lumayan berat karena melintas di permukiman warga yang notabene adalah petani dengan tingkat kesibukkan lumayan padat.

Meski lalu lalang kendaraan dan aktivitas warga yang ramai, tampak struktur jalan yang telah dilakukan pengaspalan mampu menerima beban lalu lintas.

Sepintas, akses jalan ini merupakan satu-satunya akses warga berinteraksi dengan wilayah sekitar yang sudah terintegrasi dengan akses menuju jalan provinsi.

Salah satu warga mengakui bahwa pengerjaan jalan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Sigi cukup membantu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam aktivitas sosialnya.

Ia berharap kedepan, pemerintah tetap memberikan perhatian dalam peningkatan kualitas jalan agar ekonomi pasca bencana dan pandemi semakin bergairah, tutup Ipon yang mengaku warga Lompio.

Hal yang sama juga disampaikan Firman 45 warga Sigi, mengapresiasi upaya pemerintah Irwan-Samuel yang terus berkomitmen memberikan perhatian lebih terhadap peningkatan kualitas jalan.

Sebab dengan peningkatan kualitas jalan yang baik, akan memberikan dampak besar dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat, apalagi kata Firman, jalan tersebut sangat berarti bagi masyarakat setempat karena memberikan kemudahan distribusi logistik dan hasil tani.

" Terima kasih pak Irwan Lapata dan pak Samuel pongi atas segala perhatian kepada masyarakat, dan terima kasih PU Sigi dan kontraktor yang sudah memperbaiki jalan di wilayah kami," beber Firman 30/9/2023 

Sekedar diketahui, jalan merupakan akses vital masyarakat dalam kegiatannya, sehingga penting untuk diperhatikan, sebab dengan penyelenggaraan jalan yang baik dan berkelanjutan, dipastikan ekonomi masyarakat akan terus melaju. ( TIM )

Tags :

bm
Created by: Redaksi