Dorong Konektivitas, PPK 1.1 BPJN Sulteng mulai Genjot Preservasi Jalan Nasional Buol Umu


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dirjen Bina Marga pada Balai Pelaksana Jalan Nasional Sulawesi Tengah terus menggenjot peningkatan kualitas jalan dan jembatan dalam rangka mendukung konektivitas dirias jalan nasional Buol Umu batas Provinsi Gorontalo tahun anggaran 2024.


Dorong Konektivitas, PPK 1.1 BPJN Sulteng mulai Genjot Preservasi Jalan Nasional Buol Umu

Buol - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dirjen Bina Marga pada Balai Pelaksana Jalan Nasional Sulawesi Tengah terus menggenjot peningkatan kualitas jalan dan jembatan dalam rangka mendukung konektivitas dirias jalan nasional Buol Umu batas Provinsi Gorontalo tahun anggaran 2024.

Berdasarkan pantauan Jum,at 24 Mei 2024, program preservasi tersebut sedang dilaksanakan pihak penyedia jasa, seperti pengecetan struktur rangk baja jembatan, tambal sulam jalan berlubang, serta penanganan longsoran disepanjang ruas penanganan.

Jembatan di desa Inalatan Kecamatan Gadung Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah, gbar diatas merupakan pekerjaan pemeliharaan jembatan tahun 2024

Khusus penanganan jembatan seperti dalam pantauan, telah terlaksana pengecetan, pengencangan baut, perbaikan siar jembatan, pekerjaan bronjong, serta pembersihan alur sungai untuk mengangkat sedimen yang terbaru arus saat banjir.

Berdasarkan kondisi tersebut, PPK 1.1 Novia Endhianata,. ST,. MT yang dihubungi Jumat Sore 24/5/2024 mengakui bahwa kegiatan preservasi di ruas jalan Buol Umu batas Gorontalo sedang dilaksanaka. Menurutnya, kegiatan tersebut akan terus dilaksanakan hingga 31 Desember 2024.

" Sedang on going utamanya diprioritaskan pelaksanaan program OPOR atau ( Optimalisasi, Pemeliharaan, Operasi, Rehabilitasi)." Jelasnya.

Anggaran dalam program infrastruktur konektivitas untuk ruas jalan ruas Buol Umu sejauh 134,97 km sedang berjalan dan muda-mudahan di penghujung tahun atau Desember 2024 akan tuntas pelaksanaannya.

Percepatan penanganan kemantapan jalan dan jembatan diprioritaskan pada daerah yang memiliki tingkat kemantapan rendah. Terutama untuk ruas-ruas pengungkit pertumbuhan ekonomi dan peningkatan akses keterisolasian.

TANGGAPAN WARA SEKITAR

Herman warga Inalatan  pada media ini mengaku respek dengan perbaikan jalan khusus di wilayah desa Inalatan.

Di desa Inalatan dan sekitar, pekerjaan seperti pengecetan jembatan, perbaikan badan jalan, Deket serta saluran drainase.

" Terima kasih kami ucapkan pak, jalan serta jembatan di desa Inalatan dilakukan perbaikan," ujar Herman.

Senada dengan Herman, warga lainya Talib (40) warga desa Nandu mejelaskan, bahwa pekerjaan perbaikan atau pengecetan jembatan maupun perbaikan badan jalan merupakan bentuk perhatian pemerintah agar masyarakat merasakan kenyamanan saat melintas.

" Alhamdulillah jembatan serta jalan rusak di Wilayah Kecamatan Gadung telah dilakukan perbaikan" tuturnya.

Sebagai tambahan informasi sejumlah warga di Buol Provinsi Sulawesi Tengah mengapresasi keseriusan pemerintah pusat menangani sekaligus memperbaiki jalan-jalan berlubang yang ada di wilayah mereka.

" Kami mengapresiasi kinerja BPJN Sulteng yang cepat tanggap dalam menangani permasalahan klasik khsusnya infrastrktur jalan nasional, dimana saat ini pemerintah melakukan hal-hal positif perbaikan melalui program preservasi yang sudah mulai dilaksanakan." kata Ismail warga desa Lonu 24/5/2024

Bapak separuh baya itu menuturkan, apa yang dilakukan Balai Jalan Nasional Sulawesi Tengah di Wilayah Kecamatan Bunobogu khususnya di desa Lonu dan desa Pokobo adalah bukti nyata perhatian pemerintah saat ini.

DUKUNG JALUR LOGISTIK BPJN SULTENG PRESERVASI JALAN NASIONAL BUOL UMU 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR melakukan pemeliharaan atau preservasi Jalan Nasional di Sulawesi Tengah koridor Buol - Umu batas Provinsi Gorontalo dalam rangka mendukung kelancaran distribusi logistik.

Peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan perjalanan pengendara.

" Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar," Papar PPK 1.1

Preservasi jalan nasional ini dilakukan dengan fokus pekerjaan yakni penanganan longsoran, pemeliharaan jembatan serta pemeliharaan jalan sepanjang 134,79 Kilo Meter sampai batas Provinsi Gorontalo.

Kedepan ini diharapkan dapat mempersingkat waktu tempuh, mengurangi biaya logistik serta dapat mempengaruhi pertumbuhan perekonomian wilayah dan menjaga inflasi. Kalau jalan rusak, biaya logistik menjadi lebih mahal dan berpengaruh pada inflasi.

"Jalan ini menghubungkan provinsi Sulawesi Tengah dengan provinsi Gorontalo , mudah-mudahan dapat melayani secara maksimal logistik antar wilayah. ( WK.01 )





Tags :

bm
Created by: Redaksi