Polres Sigi Gelar Simulasi Sispamkota Operasi Mantap Brata Tinombala 2023-2024, Upaya Pengamanan Pemilu

Polres Sigi gelar Simulasi Sistem Pengamanan Komando Taktis (Sispamkota) Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam rangka kesiapan Pengamanan Pemilu serentak tahun 2024 yang dilaksanakan di lapangan Mako Polres Sigi, Selasa (17/10/2023).

Polres Sigi Gelar Simulasi Sispamkota Operasi Mantap Brata Tinombala 2023-2024, Upaya Pengamanan Pemilu 

Sigi, Warta Bhyangkara - Polres Sigi gelar Simulasi Sistem Pengamanan Komando Taktis (Sispamkota) Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam rangka kesiapan Pengamanan Pemilu serentak tahun 2024 yang dilaksanakan di lapangan Mako Polres Sigi, Selasa (17/10/2023).

Dalam simulasi itu, menampilkan sedikitnya empat skenario yang digunakan dalam Simulasi Sispamkota Operasi Mantap Brata Tinombala 2023-2024.

Skenario pertama adalah tahapan kampanye dan adanya terjadinya upaya penikaman caleg yang melakukan orasi kampanye dan personel polres Sigi dapat mengamankan pelaku penikaman. 

Selanjutnya Skenario kedua adalah distribusi logistik menuju TPS dan terjadi tumbangnya pohon sehingga diterjunkan Satuan Samapta Polres Sigi untuk membersihkan pohon yang tumbang dengan menggunakan alat pemotong kayu 

Kemudian skenario ketiga terjadinya kerusuhan di TPS yang diduga adanya seorang warga yang ingin memilih kedua kali

Terakhir adalah adanya unjuk rasa di depan Kantor KPU Sigi oleh sejumlah massa aksi yang tidak menerima keputusan dari Komisi Pemilihan Umum lalu polres Sigi menurunkan Kompi Dalmas Satuan Samapta Polres Sigi

Saat ditemui di lokasi simulasi sispamkota, Kapolres Sigi AKBP Reja A. Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.H. menekankan pentingnya simulasi ini sebagai bukti komitmen kepolisian dalam menjamin keamanan Pemilu 2024 serta bukti Kesiapan Polres Sigi dalam mengamankan setiap proses tahapan pemilu 2024, ungkapnya.

“Penggunaan kekuatan pengamanan dalam setiap perubahan situasi yang bisa saja terjadi selama Pesta demokrasi tersebut berlangsung, dimana setiap pelaksanaan pengamanan dilaksanakan sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan Simulasi ini dilaksanakan se-real mungkin, dengan kondisi serta situasi dimana keadaannya itu adalah yang paling terburuk bisa terjadi.

Simulasi ini meliputi berbagai tahapan, dimulai dari kondisi tenang hingga situasi yang memuncak pada tindakan anarkis, tambahnya.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan bahwa pihaknya telah siap mengamankan pesta demokrasi pada tahapan pemilu 2023-2024. 

"Untuk Operasi Mantap Brata Tinombala 2023-2024, Kami menurunkan total 470 personel untuk mengamankan seluruu rangkaian tahapan pemilu"

AKBP Reja juga berharap pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Sigi dapat berlangsung dengan aman, tertib dan lancar sehingga peran dan kerjasama seluruh pihak sangat diharapkan dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban,”

Hadir juga dalam kegiatan tersebut yakni Wakil Bupati Sigi Dr. Samuel Yansen Pongi, S.E.,M.Si serta para Forkopimda kabupaten sigi dan tamu undangan lainnya. 

Sumber : Humas Polres Sigi

Tags :

bm
Created by: Redaksi